Programs

UPCOMING EVENT OF INDONESIAN MARITIME COMMUNITY 

Indonesian Maritime Community proudly presents first-ever Maritime-themed MUN:

COMING SOON: MaritimeMUN 2019 !

For more info:

Reyner Evan – +49 170 7891715 (WhatsApp Queries)

Twitter/Instagram : @imaritimec

 

 

Program Kerja IMC 2018:

  1. IMC Voice “Sustainable Use of Maritime Resource

Venue: @America, Pacific Place, Jakarta

Tanggal 11 Januari 2017 telah diselenggarakannya diskusi di @America, Pacific Place. Acara yang berjudul “Using Maritime Resources for Sustainable Development” dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari kalangan mahasiswa (UI, UGM, LSPR, UIN, STAN, IPB, dll), akademisi, instansi pemerintahan (KKP, KemLu, BNP2TKI), dan beberapa organisasi pemuda lainnya (wemancipate.id, Generasi Emas Nusantara dan lainnya). IMC menghadirkan tigapembicara yaitu, Gracia Paramitha Ph.D Cand, Dayu Hatmanti sebagai Miss Scuba International dan Dwi Aryo dari WWF Indonesia dan dimoderatori oleh Saskia Auruma selaku Presiden dari Jember Youth Social Movement. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama pemuda-pemudi indonesia mengenai pentingnya kita menjaga sumber daya maritim dan memaksimalkan sumber daya maritim di Indonesia secara arif dan berkelanjutan.

 

 

Ket: Mr Lewis Grow, from ECON United States of America Embassy, Jakarta. Memberikan pidato tentang maritim

 

Ket: Peserta IMC di @America, Pacific Place

 

 

Ket: (dari kanan ke kiri) President IMC, Maria Deyma Deatara, Dayu Hatmanti, Dwi Aryo, Gracia Paramita, dan MC)

 

2. Indonesian Maritime Community ASEAN Campus Trip 2018

Venue: Chulanglongkorn University, Thailand

 

Pada tanggal 21 sampai dengan 23  Maret 2018 IMC akan mengadakan acara perdana secara internasional dalam hal meningkatkan kesadaran pentingnya aspek maritim di wilayah Asia Tenggara. IMC ASEAN Campus Trip 2018 terdiri dari serangkaian diskusi dan sesi berbagi best practices dan kebijakan luarnegeri yang berkaitan dengan kelautan. IMC juga akan menghadirkan serangkaian isu yang akan dipresentasikan sebelum diskusi dan mendiskusikan peran yang dapat dilakukan oleh pemuda. Pembahasan akan dilakukan IMC dengan Student Government of Chulanglongkorn University, Thailand.

 

3. Visit to Embassy of Republic of Indonesia for Kingdom of Thailand – IMC ASEAN Excursion Visit to Bangkok 2018

 

Venue: KBRI Bangkok

Tanggal: 18 April 2018

 

IMC memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok, Thailand. Adapun terdapat dua agenda IMC di KBRI Bangkok. Pertama adalah bertemu dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) dan Atas Angkatan Laut (ATAL) mewakili Bapak Duta Besar. Acara kedua adalah undangan untuk menghadiri acara pelepasan di “School of Indonesia in Thailand” di kompleks KBRI Bangkok.

Pertemuan langsung dengan KBRI Bangkok berlangsung dengan Presiden IMC (Maria Deyma Deatara) dan Wakil Presiden (Ridha Ananda L. Tobing). KBRI Bangkok diwakili oleh Prof. Dr. Mustari, M.Pd. sebagai Atdikbud dan Bapak Colonel Hidayaturrahman sebagai ATAL. Diskusi secara dua arah dimulai dengan pengenalan mengenai IMC, arahan mengenai foreign policy Indonesia terkait dengan maritim dan pemberitahuan terkait rencana acara IMC “ASEAN Youth Maritime Forum” tahun depan dengan SGCU di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand.

Agenda kedua adalah mengikuti dan menghadiri acara pelepasan di Sekolah Thailand di Kompleks KBRI Bangkok, Thailand. Di akhir acara, kami disambut baik oleh Bapak Dubes LBBP RI untuk Thailand dan UNESCAP Ahmad Rusdi. Tujuan kunjungan ini untuk memperkuat jaringan IMC di Kawasan ASEAN dan mencari working zones antara IMC dan KBRI Bangkok untuk kedepan.

 

 

 

 

4. Visit to UNDP Regional Hub Asia Pacific Bangkok – IMC ASEAN Excursion Visit to Bangkok 2018

 

Venue: UNDP Regional Hub Asia Pacific Bangkok, Thailand

Tanggal: 18 April 2018

 

Pada 18 April 2018, Indonesian Maritime Community melakukan courtesy call dan institutional relations visit ke United Nations of Development Programme (UNDP) Regional Hub Asia Pacific Bangkok, Thailand. Pertemuan dilakukan dengan Presiden IMC (Maria Deyma Deatara) dan Wakil Presiden IMC (Ridha Ananda L. Tobing) dan para technical experts, yaitu :

  1. Tsubasa Enomoto (Disaster Risk Reduction Project Officer UNDP Regional Hub Asia Pacific)
  2. Chihiro Bise (Programme Analyst of Disaster Risk Reduction of UNDP Regional Hub Asia Pacific)

Pertemuan ini dimulai dan menjadi pertemuan IMC pertama dengan intergovernmental organization dan badan PBB dengan misi untuk mempromosikan dengan Poros Maritim Dunia dari Presiden Joko Widodo dan dukungan terhadap SDGs poin ke-14. Lebih lanjut, IMC memberikan penjelasan mengenai detil fokus dari kegiatan IMC yaitu, mengadakan forum maupun workshop, memberikan technical trainings, aksi sosial seperti pembangunan sekolah dan local empowerment di daerah pesisir pantai dan memberikan riset mengenai maritime. Oleh karena itu, IMC mengajukan dukungan dan kemungkinan kolaborasi dalam acara IMC tahun depan dengan UNDP Regional Hub Bangkok. Tujuan dari kunjungan ini adalah memiliki visi bersama mencoba untuk berbagi ide dan menjadi agen perubahan nyata melalui people power dan civil society.

 

 

5. “Youth Initiative: Advancing Sustainability in Maritime Supply Chains” in Collaboration Emancipate Indonesia and IPMI Executive Student Board

Venue: IPMI Business School

Tanggal: 5 Mei 2018

 

Indonesia memiliki potensi potensi sumber daya alam yang kaya. Sumber daya alam di dalam laut Indonesia seperti terumbu karang, ikan, minyak bumi, biota laut, dan lain-lain. Dengan potensi ini, ia memberi peluang besar serta tantangan yang harus dijawab baik dari pemerintah Indonesia kepada masyarakat Indonesia sendiri, terutama masalah yang sering terjadi di perairan Indonesia. Masalah-masalah ini termasuk hal-hal seperti batas negara dengan negara lain, kerusakan ekosistem laut karena kegiatan manusia dan penyebab alami.

 

Sebagai satu-satunya organisasi maritim pemuda Indonesia, IMC mengakui bahwa tidak hanya urusan pemerintahan, tetapi masyarakat umum, terutama pemuda, yang memiliki peran penting dalam menyuarakan pendapat mereka untuk menemukan solusi bagi kondisi bawah laut Indonesia yang dapat mempengaruhi kemanusiaan, khususnya warga negara Indonesia. Dengan demikian, sebagai generasi muda yang peduli dengan Indonesia sebagai negara maritim dalam hal semua aspek yang ingin kita upayakan untuk meningkatkan kesadaran publik dan pemerintah untuk lebih memperhatikan maritim. Oleh karena itu IMC dan Emancipate Indonesia dan Student Executive Board IPMI ingin mengambil kesempatan ini untuk mendorong kaum muda untuk mensosialisasikan dan mendidik tentang pentingnya supply chain in maritime.

Gambaran yang sangat besar dari praktik penangkapan ikan yang tidak sustainable adalah meroketnya permintaan global untuk makanan laut. Dengan demikian, hanya permintaan konsumen yang berkelanjutan yang akan meminta pertanggungjawaban pihak-pihak tersebut dan menjadikan kapal sebagai ruang untuk diskusi di antara para pemangku kepentingan.Adapun acara ini berupa talkshow yang diisi oleh instansi pemerintah, swasta, LSM serta akademisi. Berikut adalah panelist speakers yang diundang acara ini:

  1. Ir. Hoetomo Lembito, MBA. CSLP (CEO of PT. Ugra Taraka Sigra)
  2. Rima Agristina, SH, SE, MM (Ketua Program Studi S2 IPMI Business School)
  3. Marthin Hadiwinata (Ketua Harian Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia)
  4. iur. Damos Dumoli Agusman, SH.MA (Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri)
  5. Brahmantya Satyamurti Poerwadi, S.T. (Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Perikanan)

 

Acara dilanjutkan dengan membentuk focus group discussion yang akan menghasilkan sebuah “policy brief” dengan bentuk infografis mengenai hasil pertemuan.

 

 

6. Indonesian Maritime Community ASEAN Youth Maritime Forum

Venue: University of Philippines Diliman dan Chulanglongkorn University

Acara ini menjadi acara perdana secara internasional dari IMC dalam hal meningkatkan kesadaran pentingnya aspek maritim di wilayah Asian Tenggara. Indonesian Maritime Community ASEAN Youth Maritime Forum terdiri dari serangkaian diskusi dan sesi berbagi best practices dan kebijakan luar negeri yang berkaitan dengan kelautan. IMC akan menghadirkan serangkaian isu yang akan dipresentasikan sebelum diskusi dan mendiskusikan peran yang dapat dilakukan oleh pemuda. Pembahasan akan dilakukan IMC dengan International Relations Society of University of Philippines Diliman  serta Student Government of Chulanglongkorn University.

 

7. Indonesian Maritime Community ASEAN Youth Maritime Forum

Venue: University of Philippines Diliman dan Chulanglongkorn University

Acara ini menjadi acara perdana secara internasional dari IMC dalam hal meningkatkan kesadaran pentingnya aspek maritim di wilayah Asian Tenggara. Indonesian Maritime Community ASEAN Youth Maritime Forum terdiri dari serangkaian diskusi dan sesi berbagi best practices dan kebijakan luar negeri yang berkaitan dengan kelautan. IMC akan menghadirkan serangkaian isu yang akan dipresentasikan sebelum diskusi dan mendiskusikan peran yang dapat dilakukan oleh pemuda. Pembahasan akan dilakukan IMC dengan International Relations Society of University of Philippines Diliman  serta Student Government of Chulanglongkorn University.

 

8. Local Empowerement in Tambak Beach, Blitar, East Java (Collaboration with Generasi Emas Nusantara/ Jember Youth Social Network)

Venue: Pantai Tambak, Blitar

IMC  akan mengadakan penyuluhan mengenai maritim di pantai Tambak Blitar. Hal ini agar masyarakat dapat memaksimalkan sumber daya maritim di daerah Pantai Tambak Blitar. Generasi Emas Nusantara/Jember Youth Social Network akan mengajar di beberapa sekolah di kawasan ini. Adapun penyuluhan ke masyarakat sekitar mengenai topik terkait.

9. Outer Perspective of Indonesia as a Maritime Country

Venue: TBC

Acara ini disebut sebagai “Outer Perspective of Indonesia as a Maritime Country”. Di dalamnya akan mengundang beberapa pihak asing yang dapat memberikan gagasan maupun opini mengenai posisi Indonesia sebagai negara maritim. Beberapa pihak tersebut antara lain Kedutaan Besar negara-negara sahabat, organisasi internasional serta LSM internasional. Tujuan  dari acara adalah memberikan gambaran umum mengenai pandangan eksternal terhadap Indonesia sebagai maritim sekaligus menjadi wadah analisis terhadap kebijakan maritim pemerintah Indonesia

10. Indonesian Maritime Community National Symposium

Venue: TBC*

National Youth Symposium for Maritime merupakan seminar tahunan yang diadakan oleh Indonesian Maritime Community yang membahas mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam optimalisasi pengelolaan sumber daya maritim. Acara ini akan mengundang beberapa pihak yang berkepentingan dalam maritim, seperti Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Luar Negeri dan organisasi maupun LSM. Acara akan diadakan dengan mengundang sejumlah keynote speakers dari beberapa Lembaga terkait untuk memberikan sambutan. Adapula gerakan maupun kampanye dalam konservasi maritim bekerja sama dengan Lembaga pemerintah dan organisasi terkait. Acara akhirnya ditutup dengan pembacaan “Pledge to Maritime Future”, yaitu komitmen-komitmen dari pemuda Indonesia dalam mendukung serta menjaga kelestarian bidang maritim Indonesia.

 

11. Tea-Time about MariTime with Kemenkomaritim and KKP

Venue: TBC*

Acara ini dinamakan sebagai “Teatime About MariTime”. Diskusi ini berformatkan sesi “minum teh” secara kasual dengan mengundang beberapa pakar untuk berbicara mengenai topik maritim tertentu. Diskusi ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih bagi pemuda Indonesia terkait dengan aspek maritim sehingga terdapat penanaman mengenai identitas maritim kepada pemuda Indonesia.

 

12. End of Year Discussion – Indonesian Maritime Community

Venue: TBC:*

Program ini menjadi ekstensif dari Indonesian Maritime Community untuk menjalin hubungan mitra kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Secara spesifik, Indonesian Maritime Community akan mengundang beberapa komunitas yang memiliki semangat terhadap maritim. Akhirnya, hasil dari diskusi tersebut akan dihasilkan sebuah Annual Report terhadap segala aktivitas dan riset yang dilakukan oleh IMC selama satu tahun.