Articles

Pentingnya Laut Kita

(Sumber: superadventure.co.id)

Seberapa sering kamu mendengar kata negara kepulauan disangkut-pautkan dengan Indonesia? Bagaimana kalau sekarang kita ubah image tersebut menjadi Indonesia sebagai negara maritim? Karena faktanya 3/4 dari wilayah Indonesia adalah air, bukan pulau. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, luas wilayah Indonesia terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dengan panjang garis pantai 95.161 km, terpanjang kedua setelah Kanada. Berdasarkan UNCLOS 1982, total luas wilayah laut Indonesia tersebut belum termasuk landas kontinen. Oleh karena itu, Indonesia lebih cocok menjadi negara maritim daripada kepulauan.

Sebagai negara maritim, kekuatan Indonesia tentu terdapat pada laut serta sumber daya lautnya dan Laut Indonesia menjadi penting karena memiliki peran dan potensi yang luar biasa untuk Indonesia. Peran-peran tersebut, antara lain mendukung kehidupan manusia, mendukung ekosistem perairan dan sebagai komponen penting pembangunan ekonomi. Selain itu, Laut Indonesia berperan sebagai cadangan sumber air di dunia, pengatur iklim dunia, habitat berbagai jenis biota, lahan dan mata pencaharian penduduk terutama yang bermukim di sekitar pantai, dan bahan makanan dari berbagai ragam biota laut.

Potensi Perikanan dan Biota Laut Indonesia

Indonesia memiliki 2.000 jenis dari 7.000 spesies ikan di dunia. Data ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan dan biota laut yang sangat besar dengan potensi budidaya laut yang mencapai luasan 12,55 juta hektar. Setiap tahunnya terdapat kurang lebih 6,4 juta ton potensi lestari sumber daya perikanan laut Indonesia yang terdiri atas ikan pelagis besar (1,16 juta ton), pelagis kecil (3,6 juta ton), demersal (1,36 juta ton), udang penaeid (0,094 juta ton), lobster (0,004 juta ton), cumi-cumi (0,028 juta ton), dan ikan-ikan karang konsumsi (0,14 juta ton). Selain itu, terdapat 555 spesies rumput laut dan 950 spesies terumbu karang (14% dari terumbu karang dunia dengan luas sekitar 75.000 km2) di laut Indonesia.

Terumbu karang memiliki fungsi yang penting, antara lain sebagai penahan ombak dan pelindung pantai dari abrasi, tempat berkumpul dan berkembang biaknya ikan-ikan dan biota laut lain yang merupakan sumber protein, sumber bahan obat, bahan bangunan untuk pembuatan jalan dan pelabuhan udara, bahan baku industri pupuk dan tempat rekreasi bawah air. Terumbu karang memberikan panorama keindahan bawah air yang menarik yang berbeda dengan di darat dan karenanya ekosistem terumbu karang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Menurut Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Puji Rahmadi, kekayaan “kasar” laut kita sampai 1.772 triliun rupiah. Kekayaan kasar adalah angka yang diambil dari nilai mentah potensi kekayaan Indonesia dan belum termasuk perhitungan-perhitungan subjektif terhadap nilai kekayaan tersebut di tiap daerah. Dalam kekayaan kasar Laut Indonesia, 312 triliun dari perikanan, 45 triliun dari terumbu karang, 21 triliun dari bakau, 4 triliun dari lamun, 560 triliun adalah potensi kekayaan pesisir, 400 triliun dari bioteknologi, 20 triliun dari wisata bahari, 210 triliun dari minyak bumi, dan 200 triliun dari transportasi laut. Sungguh fantastis, bukan? Namun demikian, kekayaan yang fantastis ini akan habis atau hilang jika kita, pemuda Indonesia, tidak dapat menjaganya. Oleh karena itu, bersama-sama dengan pemerintah dan swasta, pemuda harus bekerja lebih keras dalam melindungi dan mengelola sumber daya di laut Indonesia.

References:

https://www.gatra.com/detail/news/411647/economy/lipi-potensi-kekayaan-laut-indonesia-setara-93-pemasukan-apbn-2018

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/platax/article/view/1251/1019

http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JBP/article/view/547/483

http://kkp.go.id/an-component/media/upload-gambar-pendukung/djprl/HUMAS/Cilangkap%20TNI%20AL_06042017.pdf

https://www.isw.co.id/single-post/2017/03/14/Daftar-Negara-Eksportir-Produk-Perikanan-Terbesar-Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *